Pada hari Sabtu dan Minggu, 5-6 Des 2009, Rayon 12 melaksanakan workshop bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dari mata pelajaran yang di UN pada tahun 2010. Untuk mata pelajaran sosiologi ada 8 SKL yang dipecah menjadi 14 Kemampuan yang di Uji. Oleh karena itu, Bapak Puji sebagai pemandu yang dibantu Bapak Posman Simanjuntak sebagai Ketua MGMP Sosiologi Rayon 12 melaksanakan Bedah SKL dalam bentuk 40 Indikator kemudian dibuat soal 40 PG. Guru yang hadir ada 36 orang dari SMA Negeri dan Swasta dilingkungan Rayon 12 bersemangat melaksanakan Bedah SKL ini hingga berakhir pada hari Minggu 6/12/2009, pk.16.00.
INDIKATOR adalah sbb:
INDIKATOR adalah sbb:
- Disajikan contoh interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasikan salah satu faktor yang mempengaruhi/sifat/bentuk interaksi sosial
- Disajikan contoh kasus pelanggaran norma tertentu, siswa dapat mengidentifikasikan jenis/fungsi/tingkatan norma yang mendasari terjadinya
- Disajikan contoh pelaksanaan keteraturan sosial pada masyarakat tertentu, siswa dapat menjelaskan nilai/norma yang berperan dalam membentuk keteraturan tersebut
- Disajikan contoh proses sosialisasi pada individu, siswa dapat menentukan tahapan/ bentuk/sifat/tipe sosialisasinya
- Disajikan contoh proses sosialisasi siswa dapat menentukan agen yang berfungsi dalam sosialisasi tersebut
- Siswa dapat menjelaskan hubungan antara sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
- Disajikan contoh proses terjadinya perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
- Disajikan contoh kasus perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi sifat perilaku menyimpang.
- Disajikan beberapa contoh perilaku menyimpang, siswa dapat membedakan bentuk perilaku menyimpang primer dan sekunder
- Disajikan contoh proses terjadinya perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
- Disajikan beberapa tindakan pengendalian sosial, Siswa dapat menentukan sifat/cara dalam pengendalian sosial tersebut
- Disajikan beberapa tindakan pengendalian sosial, siswa dapat menunjukkan peran/fungsi dari lembaga tertentu
- Disajikan sebuah kasus penyimpangan sosial, siswa dapat menentukan tindakan yang tepat pengendalian sosial untuk mengendalikannya
- Disajikan dalam bagan/gambar pelapisan sosial, siswa dapat mengidentifikasi pelapisan sosial dengan parameter tertentu
- Disajikan gambar/bagan pelapisan sosial, siswa dapat menjelaskan sifat pelapisannya
- Disajikan gambar struktur horizontal siswa dapat mengidentifikasi bentuk struktur tersebut (interseksi/konsolidasi)
- Disajikan contoh konflik sosial di masyarakat, siswa dapat menentukan penyebabnya
- Disajikan kasus konflik sosial di masyarakat siswa dapat menjelaskan akibat terjadinya konflik sosial
- Disajikan kasus konflik sosial di masyarakat, siswa dapat menjelaskan bentuk penyelesaian konflik yang tepat
- Disajikan deskripsi singkat tentang kondisi masyarakat majemuk, siswa dapat menjelaskan hubungan antara konflik dengan integrasi sosial
- Disajikan beberapa kelompok kemajemukan masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk struktur horizontal
- Disajikan contoh proses integrasi sosial, siswa dapat menjelaskan cara yang terdapat dalam proses tersebut
- Disajikan beberapa pernyataan tentang mobilitas, siswa dapat menentukan yang termasuk mobilitas sosial
- Disajikan contoh mobilitas sosial, siswa dapat menunjukkan bentuk mobilitasnya (vertikal/horizontal)
- Disajikan deskripsi singkat tentang mobilitas sosial pada individu, siswa dapat menentukan saluran mobilitas yang digunakan
- Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri kelompok sosial, siswa dapat mengidentifikasi faktor pembentuk kelompok sosial
- Disajikan beberapa pernyataan tentang kemajemukan masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi penyebab kemajemukan
- Disajikan beberapa kenyataan sosial di masyarakat, siswa dapat menjelaskan faktor kemajemukan masyarakat berdasarkan ciri sosial tertentu
- Disajikan beberapa perilaku sosial pada masyarakat multikultural, siswa dapat menentukan perilaku yang termasuk primordialisme
- Disajikan contoh sikap primordialisme dalam masyarakat multi kultural, siswa dapat menjelaskan sifat sikap primordialisme (kelebihan/kelemahan)
- Disajikan deskripsi singkat tentang primordialisme dalam masyarakat , siswa dapat menjelaskan upaya dalam mengatasinya
- Disajikan deskripsi singkat tentang perubahan sosial, siswa dapat menenentukan faktor penyebab perubahan tersebut
- Disajikan deskripsi tentang kemajuan masyarakat, siswa dapat menjelaskan alasan melakukan perubahan tersebut
- Disajikan beberapa ciri tentang fakta sosial, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial
- Disajikan contoh fungsi lembaga sosial tertentu, siswa dapat membedakan fungsi manifes (nyata) dan laten (terselubung) dari lembaga tersebut
- Disajikan contoh tentang fungsi lembaga, siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga/ pendidikan/ ekonomi/ politik/ agama
- Disajikan beberapa alasan pemilihan topik/judul , siswa dapat menjelaskan alasan untuk memilih topik/judul tersebut
- Disajikan beberapa ciri penelitian, siswa dapat menentukan jenis/ fungsi/ pendekatan penelitian
- Disajikan deskripsi singkat tentang populasi, siswa dapat menentukan sampel yang tepat
- Disajikan karakteristik instrumen pengumpulan data, siswa dapat menjelaskan kekuatan/kelemahannya
- Disajikan data dalam tabel disertai keterangan singkat, siswa dapat menafsirkan data tersebut
- Disajikan beberapa pernyataan tentang laporan penelitian, siswa dapat menjelaskan sistematika/fungsi/manfaat laporan penelitian bagi masyarakat
1 komentar:
Rayon 12 bersemangat melaksanakan Bedah SKL ini
Posting Komentar