BEDAH S K L PARA GURU SOSIOLOGI RAYON 12 di SMA 39

on Selasa, 16 Maret 2010

Pada hari Sabtu dan Minggu, 5-6 Des 2009, Rayon 12 melaksanakan workshop bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dari mata pelajaran yang di UN pada tahun 2010. Untuk mata pelajaran sosiologi ada 8 SKL yang dipecah menjadi 14 Kemampuan yang di Uji. Oleh karena itu, Bapak Puji sebagai pemandu yang dibantu Bapak Posman Simanjuntak sebagai Ketua MGMP Sosiologi Rayon 12 melaksanakan Bedah SKL dalam bentuk 40 Indikator kemudian dibuat soal 40 PG. Guru yang hadir ada 36 orang dari SMA Negeri dan Swasta dilingkungan Rayon 12 bersemangat melaksanakan Bedah SKL ini hingga berakhir pada hari Minggu 6/12/2009, pk.16.00.

INDIKATOR adalah sbb:
  1. Disajikan contoh interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasikan salah satu faktor yang mempengaruhi/sifat/bentuk interaksi sosial
  2. Disajikan contoh kasus pelanggaran norma tertentu, siswa dapat mengidentifikasikan jenis/fungsi/tingkatan norma yang mendasari terjadinya
  3. Disajikan contoh pelaksanaan keteraturan sosial pada masyarakat tertentu, siswa dapat menjelaskan nilai/norma yang berperan dalam membentuk keteraturan tersebut
  4. Disajikan contoh proses sosialisasi pada individu, siswa dapat menentukan tahapan/ bentuk/sifat/tipe sosialisasinya
  5. Disajikan contoh proses sosialisasi siswa dapat menentukan agen yang berfungsi dalam sosialisasi tersebut
  6. Siswa dapat menjelaskan hubungan antara sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
  7. Disajikan contoh proses terjadinya perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
  8. Disajikan contoh kasus perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi sifat perilaku menyimpang.
  9. Disajikan beberapa contoh perilaku menyimpang, siswa dapat membedakan bentuk perilaku menyimpang primer dan sekunder
  10. Disajikan contoh proses terjadinya perilaku menyimpang, siswa dapat mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
  11. Disajikan beberapa tindakan pengendalian sosial, Siswa dapat menentukan sifat/cara dalam pengendalian sosial tersebut
  12. Disajikan beberapa tindakan pengendalian sosial, siswa dapat menunjukkan peran/fungsi dari lembaga tertentu
  13. Disajikan sebuah kasus penyimpangan sosial, siswa dapat menentukan tindakan yang tepat pengendalian sosial untuk mengendalikannya
  14. Disajikan dalam bagan/gambar pelapisan sosial, siswa dapat mengidentifikasi pelapisan sosial dengan parameter tertentu
  15. Disajikan gambar/bagan pelapisan sosial, siswa dapat menjelaskan sifat pelapisannya
  16. Disajikan gambar struktur horizontal siswa dapat mengidentifikasi bentuk struktur tersebut (interseksi/konsolidasi)
  17. Disajikan contoh konflik sosial di masyarakat, siswa dapat menentukan penyebabnya
  18. Disajikan kasus konflik sosial di masyarakat siswa dapat menjelaskan akibat terjadinya konflik sosial
  19. Disajikan kasus konflik sosial di masyarakat, siswa dapat menjelaskan bentuk penyelesaian konflik yang tepat
  20. Disajikan deskripsi singkat tentang kondisi masyarakat majemuk, siswa dapat menjelaskan hubungan antara konflik dengan integrasi sosial
  21. Disajikan beberapa kelompok kemajemukan masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk struktur horizontal
  22. Disajikan contoh proses integrasi sosial, siswa dapat menjelaskan cara yang terdapat dalam proses tersebut
  23. Disajikan beberapa pernyataan tentang mobilitas, siswa dapat menentukan yang termasuk mobilitas sosial
  24. Disajikan contoh mobilitas sosial, siswa dapat menunjukkan bentuk mobilitasnya (vertikal/horizontal)
  25. Disajikan deskripsi singkat tentang mobilitas sosial pada individu, siswa dapat menentukan saluran mobilitas yang digunakan
  26. Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri kelompok sosial, siswa dapat mengidentifikasi faktor pembentuk kelompok sosial
  27. Disajikan beberapa pernyataan tentang kemajemukan masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi penyebab kemajemukan
  28. Disajikan beberapa kenyataan sosial di masyarakat, siswa dapat menjelaskan faktor kemajemukan masyarakat berdasarkan ciri sosial tertentu
  29. Disajikan beberapa perilaku sosial pada masyarakat multikultural, siswa dapat menentukan perilaku yang termasuk primordialisme
  30. Disajikan contoh sikap primordialisme dalam masyarakat multi kultural, siswa dapat menjelaskan sifat sikap primordialisme (kelebihan/kelemahan)
  31. Disajikan deskripsi singkat tentang primordialisme dalam masyarakat , siswa dapat menjelaskan upaya dalam mengatasinya
  32. Disajikan deskripsi singkat tentang perubahan sosial, siswa dapat menenentukan faktor penyebab perubahan tersebut
  33. Disajikan deskripsi tentang kemajuan masyarakat, siswa dapat menjelaskan alasan melakukan perubahan tersebut
  34. Disajikan beberapa ciri tentang fakta sosial, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial
  35. Disajikan contoh fungsi lembaga sosial tertentu, siswa dapat membedakan fungsi manifes (nyata) dan laten (terselubung) dari lembaga tersebut
  36. Disajikan contoh tentang fungsi lembaga, siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga/ pendidikan/ ekonomi/ politik/ agama
  37. Disajikan beberapa alasan pemilihan topik/judul , siswa dapat menjelaskan alasan untuk memilih topik/judul tersebut
  38. Disajikan beberapa ciri penelitian, siswa dapat menentukan jenis/ fungsi/ pendekatan penelitian
  39. Disajikan deskripsi singkat tentang populasi, siswa dapat menentukan sampel yang tepat
  40. Disajikan karakteristik instrumen pengumpulan data, siswa dapat menjelaskan kekuatan/kelemahannya
  41. Disajikan data dalam tabel disertai keterangan singkat, siswa dapat menafsirkan data tersebut
  42. Disajikan beberapa pernyataan tentang laporan penelitian, siswa dapat menjelaskan sistematika/fungsi/manfaat laporan penelitian bagi masyarakat

1 komentar:

JUNTAKPOS mengatakan...

Rayon 12 bersemangat melaksanakan Bedah SKL ini

Posting Komentar